Banyak anak bangsa yang ingin melanjutkan study ke jenjang Magister. Namun, sebagian menutup mimpi dikarenakan keterbatasan biaya. Saat ini ada beberapa program beasiswa S2 dan S3 dari pemerintah Indonesia. Salah satunya ialah Beasiswa Pendidikan Indonesia. Beberapa rekan bertanya tips-tips lulus LPDP. Berikut tips versi penulis (Periode tes tahun 2015).


            Tips Lulus LPDP 
  1. Mencari informasi mengenai beasiswa LPDP melalui Internet ( Website : www.lpdp.kemenkeu.go.id) dan Mahasiswa Penerima Beasiswa LPDP.
  2. Mencatat syarat dan ketentuan dari masing-masing program. Untuk mengetahui syarat dan ketentuannya, Anda dapat mengunjungi Link di bawah ini:
         Beasiswa Magister dan Doktor
         Beasiswa Afirmasi
         Presidential Scholarship 
3. Setelah mengetahui syarat dan ketentuan, pilih program sesuai kualifikasi yang Anda miliki.       Dalam memilih program, libatkan rekan yang paham dengan beasiswa LPDP/ konsultasi dengan dosen dan penerima beasiswa LPDP.
4. Dalam 1 tahun, LPDP melaksanakan seleksi dalam 4 Periode. Persiapkan berkas yang diperlukan dan mencatat deadline dari Periode I sampai dengan 4. Tentukan periode yang tepat dengan persiapan Anda. Anda hanya memiliki 2 kali kesempatan untuk meng-apply LPDP. Jadi, persiapkan dengan maksimal untuk hasil yang maksima.
5. Melakukan pendaftaran melalui www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id . Gunakan email yang aktif dalam mendaftar. Hal ini dikarenakan pemberitahuan akan diterima melalui email dan sms.
6. Tahap selanjutnya setelah melakukan pendaftaran yaitu menunggu pengumuman administrasi. Pengumuman akan diberitahukan melalui sms dan email.
7. Jika dinyatakan lulus administrasi, Anda akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu tahap wawancara. Sebelum pelaksanaan, peserta akan mendapatkan beberapa kiriman yang berkaitan dengan tahap ini yaitu (a) jadwal tes untuk seluruh wilayah tes di Indonesia, (b) gambaran proses tes, (c) Pembagian kelompok Essay On the Spot, Leaders Group Discussion ,Verifikasi Data dan Wawancara.

Alur dan Informasi Seleksi Beasiswa LPDP
Tabel Jadwal LGD, Essay, Verifikasi dan Wawancara

Informasi Penting


Pada tahap ini terdiri atas beberapa sesi meliputi :
a.       Essay On the Spot
     Essay On the Spot merupakan tahap seleksi untuk mengetahui wawasan peserta dalam menanggapi sebuah masalah. Penyelesaian yang diberikan peserta tertuang dalam tulisan. Pada tahap ini diberikan 2 masalah yang sedang hangat di publik. Peserta diminta untuk memilih salah satu permasalahan dan memberikan pendapatan melalui kertas yang diberikan oleh panitia. Kertas yang tersedia hanya satu lembar dan hanya diberikan waktu selama 30 menit.  
      Pada saat mengikuti tahap ini, penulis memilih satu permasalahan yaitu hukuman mati di Indonesia. Pemilihan permasalahan ini harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Dalam waktu yang sangat singkat harus memetakan konsep yang ada dalam pikiran sehingga bisa memilih topik yang paling dipahami. Bagaimana cara memahami? Topik yang diberikan General, sehingga melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum mengikuti tahap ini. Persiapan yang dilakukan oleh penulis yaitu mengikuti berita televisi. Penulis memilih stasiun televisi yang berpotensi banyak menayangkan berita yaitu metro tv dan tv one. Selanjutnya, penulis mencatat informasi-informasi penting dalam buku harian. Untuk melengkapi informasi, Penulis membaca berita online seperti kompas.com dan detik.com.
        Setelah memilih salah satu topik, segeralah menulis dengan rapi dan runtun. Sebagaimana kita ketahui secara garis besar, essay terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup. Baca kembali saat telah selesai, untuk mengetahui apakah ada penulisan yang salah. Tidak disediakan penghapus pena, sehingga berhati-hatilah. Tidak harus dipenuhi dua halaman, tetapi berikan tulisan yang berkualitas dan tepat sasaran. Hindari pengulangan kalimat yang memiliki makna yang sama.
b.      LGD ( Leaders Group Discussion)
     Leaders Group Discussion merupakan tahap seleksi untuk kepemimpinan peserta dalam berdiskusi. Sebelum memulai diskusi, peserta memperkenalkan diri. Berikan kesan terbaik dalam perkenalan tersebut dengan menyebutkan beberapa identitas diri meliputi nama, universitas sebelumnya, program beasiswa yang diambil, uniersitas tujuan.Usai perkenalan, peserta diberikan sebuah artikel. Topik artikel yang diperoleh penulis adalah program bela negara. Tidak ada pemilihan pemimpin diskusi. Pemimpin diskusi terpilih dengan kesadaran peserta. Bagi peserta yang menguasai topik dapat mengajukan untuk memimpin diskusi. Selanjutnya, peserta akan memberikan argumen terhadap topik. Sampaikan argumen dengan lugas dan tidak terburu-buru serta mengunakan bahasa Indonesia dengan baik. Berargumen sesuai latar belakang, misal penulis berasal dari pendidikan, maka sampaikan argumen dari sudut pandang pendidikan. Usahakan tidak ada peserta yang tidak diam. Biat catatan kecil atas argumen yang diberikan oleh masing-masing peserta pada kertas buram yang diberikan. Pada akhir diskusi akan ditarik kesimpulan oleh pemimpin diskusi, berikan tambahan jika ada yang kurang.
c.       Verifikasi Dokumen
       Peserta wajib membawa semua dokumen asli yang telah di-upload (Bukan fotokopi atau dokumen yang terlegalisir). Susun urutan dokumen sesuai yang tertuang pada kartu peserta. Sebelum mengikuti tahap ini, peserta tidak dapat mengikuti tahap wawancara. Tahap ini, peserta akan memberikan dokumen asli untuk diverifikasi oleh tim panitia. Tunggu di ruang yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk melihat kode kelompok yang telah dikirim oleh LPDP melalui email. Segera verifikasi saat nama telah dipanggil dan keluar dilayar proyektor. Sampaikan dengan baik dan sopan saat tim menanyakan mengenai dokumen Anda. Penulis memilih program afirmasi jalur prestasi Nasional dan Internasional sehingga harus membawa dokumen asli sebagai berikut :
1)      Ijazah S1
2)       Transkrip Nilai
3)      Surat Rekomendasi
4)      Surat Pernyataan
5)      Surat Izin
6)      KTP
7)      Serifikat Prestasi
8)      Toefl
9)      Rencana Studi
10)   SKCK
11)   Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba
12)   Formulir Pendaftaran (Dapat didownload melalui akun masing-masing)
13)   Kartu Peserta (Dapat didownload melalui akun masing-masing)
Dokumen Asli



d.      Interview/ Wawancara
         Tahap ini merupakan tahap yang  cukup menegangkan oleh peserta. Pada tahap ini, peserta akan bertemu 3 dosen yang berasal dari Universitas-Universitas terkemuka di Indonesia. Salah satu dari ketiga dosen tersebut ialah psikolog. Pada saat memasuki ruangan interview, berikan senyum terbaik dan bersalaman dengan interviewer. Pembuka interview, interviewer akan memperkenalkan diri dan memberikan ucapan selamat kepada peserta. Selanjutnya, interview mengklarifikasi data. Pesertapun memperkenalkan diri kepada interviewer. Pada saat penulis mengikuti interview, interviewer bertanya menggunakan bahasa inggris sehingga penulis menjawab menggunakan bahasa inggris. Diperkirakan 50% pertanyaan dijawab menggunakan bahasa inggris, sedangkan 50% menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Indonesia. Jawab pertanyaan dengan jawaban yang meyakinkan dan tidak memiliki makna ganda. Jika diberi argumen, tanggapi dengan baik dan sopan. Berapa jumlah pertanyaan yang diberikan? Maka jawabannya ialah fleksibel. Pertanyaan sangat banyak sehingga penulispun tak bisa mengingatnya. Pertanyaan tersebut terkait beberapa hal sebagai berikut.
1)      Asal universitas
2)      Skripsi yang telah diselesaikan
3)      Organisasi yang telah diikuti dan kontribusi yang diberikan kepada organisasi
4)      Rencana study
5)      Rencana tesis
6)      Rencana aktifitas selama study
7)      Arti keluarga
8)      Nilai-nilai yang diajarkan dalam keluarga
9)      dll
Sekilas perjalananku dapat dilihat di sini