Perkembangan ilmu pengetahuan semakin pesat dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut didukung oleh baik penemuan-penemuan baru maupun pembuktian atas temuan yang telah ada. Setiap bidang memiliki penemuan yang berbeda-beda dan tentu memperbaharui setiap ilmu yang terkait. Temuan yang ditemui oleh peneliti dipublikasikan secara ilmiah melalui karya ilmiah seperti artikel ilmiah baik berupa jurnal maupun berupa buku.

           Jika kita membahas mengenai Jurnal maka kita tidak terlepas dari sebutan citation, index, impact factor, Quartil dan jurnal predator. Kali ini kita akan membahas mengenai journal predator. Apakah ciri-ciri jurnal predator? Pertama, Publishing fee atau article publish charger (APC) sangat mahal dan tidak ada peluang terbit jika tidak membayar. Kedua, Volume journal relatif baru. Ketiga, mengirim email kepada authors dalam bentuk Call for papers, editors dan references namun email tersebut masuk ke Spam email. Kita dapat mengetahui suatu journal predator atau tidak. Kita dapat memeriksa melalui website secara gratis. Website yang dapat dikunjungi untuk mengetahui publisher tergolong predator atau tidak sebagai berikut.

1. Beall's List of Predatory Journal

Kita dapat memeriksa Journal melalui Beall's List Predatory Journal melalui laman https://beallslist.weebly.com/ . Kunjungi website tersebut, kemudian tekan bersamaan CTRL+F, ketik nama journal yang kamu curigai sebagai Journal Predator. Selain itu juga dapat melalui fasilitas Search yang tersedia.

2. List Predatory Journal

Kita dapat memeriksa Journal melalui laman https://predatoryjournals.com/journals/ . Kunjungi website tersebut, kemudian tekan bersamaan CTRL+F, ketik nama journal yang kamu curigai sebagai Journal Predator.

Semoga bermanfaat...