Explore Bali

            Bali, ketika mendengar kata tersebut maka apa yang terbayang dipikiranmu? Bali menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi saat wisatawan asing datang ke Indonesia. Wajar jika Bali menjadi salah satu list kunjungan bagi wisatawan asing di Indonesia karena Bali memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Dan begitu pula denganku. Aku memilih Bali menjadi salah satu kunjunganku selama studi di tanah Jawa. Akupun mulai membuat perencanaan keberangkatan. Awalnya, Aku akan berkunjung pada pergantian tahun 2016 menuju tahun 2017 namun Aku membatalkan semua akomodasi yang telah dipesan karena beberapa hal. Pada awal september, akhirnya Aku berkesempatan melihat Bali secara langsung tak hanya lagi di layar kaca. 

                 Apa saja yang perlu dipersiapkan saat datang ke Bali? Sebelum berangkat ke Bali, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan. Pertama, mempersiapkan budget yang cukup baik untuk akomodasi maupun untuk tiket masuk wisata karena ada beberapa biaya tak terduga. Kedua, membuat list kunjungan. Usahakan, kamu membaca beberapa referensi melalui beberapa sumber baik internet maupun bertanya ke teman. Selain itu, informasi dapat diperoleh dari peta destinasi wisata di Bali. Buat pemetaan kunjungan yang baik karena jarak destinasi wisata antara satu destinasi dan lainnya cukup jauh. Ketiga, persiapkan informasi transportasi yang bisa digunakan saat ke Bali dan dari Bali serta di Bali. Transportasi saat menuju ke Bali, dapat menggunakan jalur darat dan udara. Saat berada di Bali, ada beberapa transportasi yang dapat digunakan  yaitu rental motor, Trans Sarbagita, Go-Jek (Gobike, Gocar) dan Grab. Keempat, persiapkan kebutuhan pribadi. Barang bawaan tidak perlu terlalu banyak sesuaikan kebutuhan. Jika kunjungan hanya 2 sampai 3 hari, tas ransel dapat men-cover semuanya. Kelima, download semua aplikasi pendukung seperti gojek, grab, pegipegi.com, traveloka. Hal ini sangat membantu saat mengalami kesulitan mencari kendaraan umum dan penginapan terdekat.
              Wisata apa saja yang dapat dikunjungi saat berada di Bali? Saat berkunjung ke Bali, ada beberapa destinasi yang dapat dikunjungi meliputi Sanur Beach, Kuta Beach, Pandawa Beach, Tanah Lot, Gunung Batur, Bedugul, Batur Lake, Nusa Penida, Pura Uludanu, Ubud. Dalam waktu dua hari, Aku mengunjungi beberapa destinasi. 

1. Sanur Beach
    Setelah satu malam perjalanan Malang-Bali, Aku tiba di Bali sekitar pukul 08.00 WITA. Biaya perjalanan Malang-Bali sekitar Rp 220.000,00 per seat untuk sekali perjalanan. Biaya tersebut mencakup makan malam, snack, biaya penyeberangan (Kapal Very), Wifi dan Charger HP. Informasi terkait travel dapat diperoleh melalui internet. 
      Sanur Beach menjadi destinasi pertama saat berkunjung di Bali. Sanur Beach terletak di Denpasar. Berdasarkan rekomendasi teman, maka Aku memilih menikmati Sanur Beach dipagi hari. Benar-benar memiliki pemandangan yang sangat indah. Intensitas cahayanya cukup mendukung saat ingin mengabadikan dalam sebuah lensa. Tidak dikenakan biaya saat masuk destinasi ini. Selain menikmati pantai yang indah, Kamu juga dapat menyewa sepeda untuk berjalan-jalan. Tarif penyewaan sepeda cukup terjangkau sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per jam. Ombaknya yang tenang membuat kamu bisa mandi di Pantai ini. Jangan khawatir, ada tempat pemandian umum yang dapat digunakan setelah mandi di pantai. Tarif kamar mandi cukup terjangkau yaitu Rp 3000,00 sampai Rp. 4. 000,00. Selain pantai, Sanur Beach juga memiliki pemandangan menarik yaitu pemandangan sederet cafe di pinggir pantai. 



 2. Kuta Beach
     Kuta Beach merupakan destinasi kedua kunjunganku. Letaknya cukup jauh dari Denpasar. Di lihat di peta, Kuta Beach lebih ke arah selatan. Dari Sanur, kamu bisa menuju halte Trans Sarbagita yang tujuannya ke Central Kuta. Biaya sekali perjalanan Trans Sarbagita Rp 3.500.00. Setelah turun di Central Kuta, Kamu dapat menggunakan transportasi online seperti Gocar.
     Untuk masuk ke kawasan Kuta Beach, kamu tidak dikenakan tiket masuk. Kalau berkunjung di siang hari, siap-siap pakai sunblok ya karena cukup membuat kulit menjadi eksotis.

 3. Pandawa Beach
        Pandawa Beach menjadi salah satu destinasi yang cukup hits dikalangan pengguna sosial media seperti instagram. Akupun tertarik untuk berkunjung destinasi ini. Pemandangan pantai yang indah dapat Ku nikmati dari berbagai sudut. Pantai ini terletak di Desa Kutuh. Untuk masuk ke destinasi ini, pengunjung domestik dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 8.000,00 dan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,00.
       Untuk rute perjalan dari Kuta Beach, Aku menggunakan transportasi online untuk menuju halte central Kuta. Kemudian, menggunakan tranportasi umum Trans Sarbagita menuju uluwatu. Dari uluwatu menuju Pandawa Beach, Aku menggunakan Gocar. Saat akan keluar dari Pandawa Beach, akan mengalami kesulitan transportasi. Untuk mencari transportasi online, Aku harus berjalan keluar gerbang Pandawa Beach hingga 1,5 km.
4. Taman Rama Shinta
     Taman Rama Shinta merupakan sebuah taman yang terletak diperempatan di Mengwi.Awalnya Aku tak berencana kesini namun saat akan menuju terminal Bus Mengwi, Aku melewati taman ini. Akupun mengabadikan beberapa foto hingga pada akhirnya melanjutkan perjalanan.

5. Ubud
    Ubud merupakan destinasi wisata kunjungan yang terakhir Ku kunjungi. Kami menelusuri perjalanan sepanjang hingga kami lelah. Kami menemukan beberapa spot foto. Salah satu wisata di Ubud yang kami kunjungi ialah Bali Ubud Monkey Forest.
      Demikian perjalananku selama 2 hari di Bali. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca dalam memilih destinasi yang di kunjungi. Bali, Ku tahu 2 hari bukanlah waktu yang cukup bagiku tuk mengenalmu. Aku akan akan mengenalmu pada lain kesempatan nanti. Aku tahu banyak cerita yang belum ku tahu.