Sehari Explore Pesona Air Terjun di Kabupaten Lumajang

Saat hari mulai petang, seorang teman dari kampung halaman datang ke kosku. Ia sedang mengeksplore wisata yang ada di Malang. Usai beristirahat sejenak, Aku bersama temanku menuju salah satu cafe yang dekat dengan kos. Beragam cerita mewarnai obrolan. Ini kali pertama pertemuan kami. Selama ini, kami hanya berkomunikasi melalui sosial media.
Bang, besok mau explore mana lagi? tanyaku.
"Rencana besok mau ke lumajang", jawab rekanku.
Pagi hari itu sangatlah cerah, Kami bergegas bersiap menuju destinasi yang ingin kami explore. Sebelum menuju ke Lumajang, kami sejenak singgah ke kampung Tridi. Setelah beberapa menit menunggu salah satu rekan kami, kamipun menuju ke Lumajang. Waktu yang kami tempuh sekitar 2-3 jam. Setelah menempuh perjalanan kami tiba di destinasi yang akan kami explore. Kami mengeksplore 3 destinasi yaitu Air Terjun Tumpak Sewu, Goa Tetes dan Air Terjun Kabut Pelangi
1. Air Terjun Tumpak Sewu

Rute yang Kami lalu dari Malang yaitu Bululawang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo-perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah menempuh rute tersebut, kami tiba di destinasi yang terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
Sejenak kami beristirahat sebelum menikmati indahnya pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu. Setelah jalan kaki beberapa meter, kami melihat indahnya panorama air terjun ini. Kami seperti melihat lukisan, apa lagi saat melihat hasil jepretan kamera. Kamipun segera mengabadikan menggunakan kamera profesional dan kamera smartphone. Selain mengabadikan panorama, kami juga turun ke bawah melalui jalan yang tersedia. Kamipun mengabadikan air terjun dari bawah. Pada saat turun sedang gerimis sehingga kami sangat berhati-hati. Tiket untuk memasuki destinasi ini cukup terjangkau. Tiket masuk destinasi ini ialah Rp 10.000,00. Untuk biaya parkir ialah Rp 5.000,00 (motor) dan Rp 10.000,00 (mobil).


2. Goa Tetes
Masih berada pada kawasan Air Terjun Tumpak Sewu. Lebih tepatnya ini berada tidak jauh dari bagian bawah Air Terjun Tumpak Sewu. Goa Tetes memiliki pemandangan yang indah. 










3. Air Terjun Kabut Pelangi

Destinasi berikutnya ialah Air Terjun Kabut Pelangi. Destinasi ini terletak di desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo. Destinasi ini tidak jauh dari Jalan Raya Jalur Lumajang-Malang. Untuk menuju destinasi ini, Kami berjalan kaki dari parkir sekitar 15-20 menit. Jalannya mendatar dan terkadang menurun. Destinasi ini memiliki keindahan tersendiri seperti namanya Kabut Pelangi. Tiket destinasi ini ialah Rp 5.000,00.










Perjalanan kamipun telah berakhir dan segera kembali ke Malang. Dalam perjalanan, kami sempat nyasar karena hari semakin gelap dan gerimis sehingga tidak melihat petunjuk jalan. Ada rasa aneh saat menyasar karena jalan tersebut terasa asing. Kamipun mencoba bertanya dan kami menuju arah jalan yang benar. Setibanya di Malang kami segera menuju Rumah Makan Padang.