Wisata Air Terjun di Malang


Aku suka dengan wisata-wisata yang natural atau dikenal dengan sebutan wisata alam. Kalau kamu suka wisata yang seperti apa? Salah satu wisata alam yang aku suka ialah air terjun karena air terjun bisa membuat pikiran rileks dan segar kembali. 

Akupun sempat mengunjungi beberapa air terjun yang ada di Malang. Disini, masyarakat sering menyebut Air terjun dengan sebutan Coban. 

Aku mau review Coban yang pernah Aku kunjungi kepada pembaca. 



1. Coban Rondo
Destinasi selanjutnya yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Malang ialah Coban Rondo. Wisata yang satu ini memiliki beberapa spot yang hits di sosial media. Ada yang tahun Labirin Coban Rondo? Pasti tahu karena Labirin Coban Rondo sangat menarik. Kamu bisa bermain bersama teman-temanmu untuk bisa sampai di titik tengah. Sebelumnya Kamu akan melihat Labirin dari menara yang tinggi yang disediakan. Setelah itu, kamu akan menentukan dari mana akan mulai berjalan.
Kalau berkunjung ke wisata Coban Rondo harus mengunjungi air terjunnya ya. Jarak dari labirin ke air terjun tidak terlalu jauh. Kamu harus menggunakan motor atau mobil untuk menuju destinasi tersebut. Setelah parkir kendaraan, kamu akan melihat sederet toko oleh-oleh dan penjual makanan. Kentang goreng salah satu jenis makanan yang bisa dicoba. Selanjutnya kamu akan kamu berjalan kaki menuju air terjun. Kamu akan melihat monyet-monyet bebas berkeliaran di kawasan tersebut. Perjalanannya mendatar jadi tidak khawatir lelah. Kamu akan mendengar suara gemuruh air terjun dan siap menikmati air terjun yang menarik dan siap-siap basah jika terlalu dekat dengan aliran air terjun.
Coban ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
Tiket yang harus dibayar untuk wisata yang satu ini terdiri atas hari biasa, weekend dan holiday. Tiket masuk tidak include tiket labirin. Wisata ini juga menyediakan beberapa permainan lainnya.
2. Coban Sumber Pitu
Coban Sumber Pitu bisa menjadi list destinasi wisatamu selanjutnya. Coban Sumber Pitu terletak di Pujon Selatan (Kab. Malang) Jika kamu memilih wisata ini, kamu harus siap dengan kejutan yang diberikan. Kamu juga harus memperhatikan cuaca karena kamu akan melewati perjalanan yang tidak aspal dalam beberapa 10-20 menit. Kemudian, kamu akan parkir kendaraanmu di tempat yang telah disediakan. Kemudian, kamu akan berjalan kaki selama 30 menit. Perjalanan ini tidak akan terasa lelah karena kamu akan menghirup udara yang segar dan pemandangan yang indah. Hijaunya pepohonan mengisi ruang pemandangan. Pada destinasi kali ini ada 3 air terjun yang kamu temukan yaitu Coban Sumber Siji, Coban Sumber Pitu dan Coban Sumber empat.

Jangan khawatir, destinasi ini cukup terjangkau. Biaya tiket masuk Rp 10.000,00 per orang dan bayar parkir Rp 5.000,00. Selain itu, terdapat toko di dekat area parkir. Harga makanannya juga terjangkau.
3. Coban Talun

Kamu baru menemukan kata Coban di sini. Sebenarnya, coban merupakan sebutan untuk air terjun. Coban Talun menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungiCoban ini terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336 .Kamu akan disajikan pemandangan yang berbeda. Dengan membayar Rp 10.000,00 per orang,kamu sudah bisa memasuki kawasan wisata ini. Setelah memarkir kendaraan, kamu bisa memilih masuk ke kawasan spot foto atau memilih ke air terjun. Di sarankan ke spot foto dulu. Untuk memasuki kawasan  spot foto, kamu harus membayar tiket sebesar Rp 5000,00 per orang. Spot foto yang dapat kamu pilih meliputi rumah kecil (tak tahu namanya), bunga matahari, bunga mawar dan spot pohon serta spot ayunan. Selain itu, juga ada spot bunga yang disusun rapi. Setelah selesai menikmati kawasan tersebut, kamu segera menuju air terjun. Kamu membutuhkan waktu  berjalan sekitar 20 menit untuk menuju ke air terjun. Di dalam perjalanan, Kamu akan menikmati pemandangan pohon pinus yang indah dan udaranya yang segar jadi perjalananmu tidak akan terasa lama. Setelah tiba di air terjun jangn lupa mengabadikan moment ya. Segeralah meninggalkan air terjun jika ada pertanda akan hujan karena jalan yang kamu lewati adalah tanah sehingga khawatir akan licin. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke wisata yang satu ini? 

4. Coban Rais
      Salah satu coba yang ada di Batu ialah Coban Rais. Coban Rais memiliki beberapa spot foto yang menarik seperti taman bunga, ayunan dan sepedah di atas udara. Selain itu, juga terdapat spot foto I love you. 





5. Coban Putri
Cobain Putri ialah destinasi yang baru populer di Kota Batu. Destinasi ini dekat dengan wisata Conan Rais. Wisata ini masih cukup terjangkau. Apa saja yang dapat ditemui di wisata ini?
Air terjun yang khas sehingga berbeda dengan yang lain. Selain air terjun, juga terdapat spot foto yang hits banget. Seperti Ayunan, Pohon bintang dan lima jari.




Saat Penulis berkunjung, tarifnya masih terjangkau. Cukup membayar parkir dan biaya masuk serta biaya spot sebesar IDR 10.000 untuk semua spot. 

Mau tahu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di beberapa kota yang lain, Yuk cek pada menu Tourism di atas.

6. Coban Parangtejo
Coban Parangtejo merupakan salah satu destinasi yang menawarkan pemandangan coban (Air Terjun) yang sangat menarik. Tidak hanya coban, destinasi memiliki banyak spot photo dan ayunan yang sangat menarik. Tiket masuk destinasi ini Rp 20.000,00 (semua spot photo) dan parkir Rp 3.000,00. Destinasi ini terletak tidak jauh dari alun-alun Batu. Untuk menuju tempat ini diperlukan berhati-hati karena medan yang menanjak.

Harga yang tertera di atas sesuai saat Aku berkunjung jadi pembaca tidak dapat menjadikan harga di atas sebagai referensi karena harga bisa saja berubah seiring waktu. Semoga bisa membantu pembaca dalam membuat list kunjunganmu saat ke Malang.