10 Alasan Menulis Karya Tulis Ilmiah

         
Bicara tentang hobby, setiap orang memiliki hobby yang berbeda-beda. Ada yang hobby olahraga, kesenian, menulis dan lain-lain. Bagaimana dengan hobby-mu? kalau aku suka menulis. Menurutku, menulis ialah aktifitas yang menyenangkan dan dapat aku lakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, menulis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan untuk menyelesaikan study khususnya jenjang Perguruan Tinggi. Sebenarnya, ada banyak wadah yang tersedia untuk kita berlatih menulis, namun tak banyak yang memanfaat wadah tersebut. Banyak yang menyadari pentingnya menulis saat mereka telah berada pada fase mahasiswa tingkat akhir. Salah satu wadah tersebut ialah menulis karya tulis ilmiah. Meskipun bukan suatu kewajiban, menulis karya ilmiah dapat memberikan banyak keuntungan. Tak banyak yang tahu sehingga tak banyak pula yang mau menulis karya ilmiah. "Ngapain sibuk-sibuk menulis karya tulis ilmiah, itu kan gak wajib", beberapa orang berpendapat demikian. Ada 10 alasan yang membuatku suka menulis Karya Tulis Ilmiah saat Kuliah.

1. Melatih Menulis
         Merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat bukanlah perkara yang mudah. Banyak orang yang paham sebuah konsep saat ujian tetapi mereka tak mampu menuangkan dalam bentuk tulisan sehingga pesan yang disampaikan tidak dipahami pembaca. Menulis membuatku terlatih merangkai kalimat yang mudah dipahami. Bagiku kemampuan menulis itu penting bukan hanya untuk menulis saat menjawab soal ujian tetapi juga saat tugas akhir nanti. Saat mengerjakan tugas akhir (skripsi), Aku harus menyampaikan informasi secara tertulis. Selain itu, Aku juga mengutip informasi dan mengubahnya menggunakan bahasaku. Tentunya akan menjadi sesuatu hal yang sulit jika Aku tidak terbiasa menulis. Menulis itu penting. Keperluan menulis tidak sebatas tugas di kampus, kemampuan menulis juga diperlukan saat membuat essay beasiswa, publikasi jurnal, mengirim pesan singkat melalui email, dan lain-lain.

2. Memahami Masalah yang Ada di lingkungan sekitar
          Saat menulis, Aku membutuhkan referensi terkait permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan sekitar. Melalui karya ilmiah, Aku akan mencari permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Ketika Aku memahami permasalahan tersebut, Aku akan peka dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

3. Problem Solving/ Mencari Ide
           Masalah yang ada harus Aku selesaikan. Aku harus mencari solusi yang terbaik sehingga Aku terlatih dan meningkatkan Problem Solving Skills. Ide tersebut tidak sebatas ide tetapi ide yang menarik, baru dan dapat diimplementasikan. Sebenarnya idenya juga bisa adopsi dari ide yang telah ada. Ide yang ada dimodifikasi menjadi sesuatu yang baru dan tepat untuk menyelesaikan masalah 

4. Menambah Pengetahuan
           Dalam mencari ide, Aku juga perlu mencari referensi agar ideku dapat didasari oleh referensi yang jelas. Tentunya, Aku perlu banyak membaca. Melalui membaca membuat Aku semakin banyak tahu. Akupun memilah-milah referensi yang diperlukan dan tidak diperlukan karena ada banyak informasi yang aku temui. Filter informasi untuk digunakan pada karyaku. Aku juga harus memperoleh informasi dari sumber yang jelas.

5. Jalan-Jalan Gratis
           Karya ilmiah dapat menjadi tiket jalan-jalan gratis. Aku bisa ikut lomba menulis karya ilmiah yang diselenggarakan oleh kampus di luar kota bahkan di beda pulau. Jika karya masuk 10 besar maka Aku akan mempresentasikan karya di depan para juri. Jika penyelenggara tidak menyediakan akomodasi selama kompetisi maka Aku bisa meminta bantuan kampus untuk biaya akomodasi. 

6. Hadiah
           Ada banyak lomba yang diadakan oleh berbagai penyelenggara baik instansi pendidikan maupun non-pendidikan. Berbagai lomba menulis seperti karya ilmiah dan essai memberikan hadiah yang menarik. Saat memenangkan kompetisi, Aku bisa mendapat hadiah seperti Tropi, uang tunai, buku dan lain-lain. Uang tunai bisa menambah uang jajanku atau keperluan yang lain.

7. Penghargaan
         Selain hadiah dan uang, keuntungan sebagai pemenang ialah mendapat penghargaan yang ditunjukkan dengan sertifikat. Sertifikat dapat menjadi bukti bahwa kamu pernah menjadi pemenang dan sertifikat tersebut dapat dilampirkan pada beberapa keperluan. Tentunya, Aku ada penghargaan yang tertera saat membuat Curriculum Vitae.

8. Networking
         Menulis mempertemukan Aku dengan teman-teman yang memiliki hobi menulis. Aku bertemu teman-teman baru saat mengikuti pelatihan dan kadang berkolaborasi dengan teman-teman. Selain itu, Aku juga bertemu dengan teman-teman baru saat berkompetisi. Networking tersebut dapat menjadikan Aku semangat dan saling berbagi informasi. Kadang, mereka membantuku saat Aku berkunjung ke kota mereka. Bisa saja saat Aku mengikuti kompetisi dikampusnya atau seleksi beasiswa. Kadang, kita juga janjian ikut kompetisi untuk reunian. Tak jarang bertemu lawan yang sama dalam sebuah kompetisi.

9. Improve Your Public Speaking
         Saat mengikuti kompetisi menulis, kemampuan Public Speaking akan meningkat karena kompetisi mengharuskan aku persentasi di depan juri dan audience. Selain persentasi di depan juri dan audience, Aku juga persentasi di depan pembimbing saat menyampaikan ide. Rasa deg-degan itu lho tak bisa disampaikan dengan kata-kata. Rasa dimana persentasi di depan orang-orang yang belum aku kenal. Itu aku alami pada beberapa presentasi, berikutnya Aku mulai terbiasa.

10. Pengalaman
         Menulis memberikan pengalaman yang luar biasa. Pengalaman yang mengajarkan banyak hal. Saat mengikuti kompetisi di luar kota, Aku berlatih merencanakan perjalanan, berlatih membeli berbagai tiket, berlatih disiplin, berlatih berkomunikasi dengan teman baru, berlatih membuat file persentasi, berlatih memenejemen keuangan untuk perjalanan, berlatih komunikasi dengan dosen dan pejabat untuk izin mengikuti kompetisi dan pengalaman lainnya. Akupun sudah terbiasa dengan hal transportasi darat, laut dan udara meskipun Aku studi tak jauh dari kampungku. Dan pengalaman-pengalaman ini menghantarkanku memperoleh beasiswa untuk studi lanjut di Pulau Jawa.

       Setelah tahu 10 alasan ini, apakah kamu tidak ingin mencoba menulis karya tulis ilmiah? Masa-masa kuliah itu indah. Indah karena kita memiliki banyak aktivitas baik di kampus maupun di luar kampus. Saat menjadi mahasiswa, kita harus bisa memenejemen banyak hal. Menejemen waktu agar kita balance. Yuk menulis...Kuliah itu tentang belajar di kelas, tentang belajar di laboratorium, tentang belajar di perpustakaan, tentang tugas yang beragam, tentang deadline, tentang mengembangkan apa yang menjadi minat kita dan tentang banyak hal. 

0 Komentar