6 Destinasi Wisata di Jawa Tengah


Hallo Travellers,
Liburan dimasa kini seakan menjadi bagian dari gaya hidup, apa lagi bagi kalangan muda yang mencoba mengekspos berbagai aktivitas seperti liburan. Liburan akan bermakna ketika tempat-tempat yang kita kunjungin selalu memiliki keunikan tersendiri. Kali ini kita akan membahas destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah. Destinasi ini dapat menjadi list dalam liburanmu ya Travellers. 
1. Candi Borobudur
Travellers, Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang wisatawan kunjungi saat berkunjung ke Jawa Tengah.  Candi Borobudur terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah. Jika Travellers sedang berada di Jogja, maka Travellers memerlukan 70- 100 menit untuk menuju lokasi ini. Berdasarkan informasi yang termuat pada www.liburanjogja.co.id, candi ini didirikan oleh pada Penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 750-800an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. 
          Travellers, berdasarkan arti namanya, "Bara" berarti "Kompleks Biara" dan "Budur" berarti atas. Candi Borobudur terletak di atas sebuah bukit dengan megahnya. Jika Travellers mengunjungi destinasi ini, Travellers akan merasa takjub dengan kemegahan candi yang memiliki relief sepanjang 6 km.





2. Bukit Rhema (Rumah Do'a)
Selain Candi Borobudur, Travellers dapat mengunjungi destinasi wisata yang sangat populer melalui film "Ada Apa dengan Cinta 2". Sejak tempat ini menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film AADC2, destinasi ini dikenal oleh masyarakat umum. Bukit Rhema juga sering disebut sebagai Rumah do'a dan Gereja Ayam. Bangunan ini terletak di bukit. Travellers harus memparkir kendaraan pribadi dibawah dan dapat naik ke bukit dengan berjalan kaki. Terkadang, ada mobil Jeep yang dapat menfasilitasi Travellers naik ke Bukit. Destinasi ini terletak tidak jauh dari Candi Borobudur. Travellers memerlukan waktu 10-20 menit menuju tempat ini dari Candi Borobudur.

Travellers, Saat mengunjungi destinasi ini jangan lupa untuk naik ke atas dekat mahkota dan pada saat fajar menanti matahari terbit seperti pada film AADC 2.  

3. Bukit Sikunir
Travellers, Sunrise atau matahari terbit seakan menjadi pemandangan yang dinanti saat berada di Puncak Gunung. Tidak banyak yang mampu mendaki Puncak Gunung. Travellers, untuk menikmati indahnya sunrise dapat berkunjung ke destinasi yang satu ini yaitu Bukit Sikunir. Bukit ini terletak di kawasan Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari ketinggian 2463 mdpl, Travellers dapat menikmati keindahan sunrise. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju puncak sekitar 30 menit, namun saat liburan tiba dan long weekend Travellers harus bersabar karena tidak dapat berjalan cepat saat turun dikarena mengantri. Usahakan Travellers dapat memperkirakan waktu karena travellers harus tiba di Puncak sekitar pukul 05.00 WIB. Jika Travellers tidak ingin lelah, Travellers dapat menggunakan jasa ojek dari tempat parkir mobil ke lereng Bukit. Travellers dapat sholat di masjid-masjid yang ada diperjalanan menuju lereng Bukit Sikunir.

4. Lawang Sewu
Travellers, destinasi wisata berikutnya ialah Lawang Sewu. Mengapa disebut Lawang Sewu? Sebutan ini dikarenakan jumlah "Lawang" yang begitu banyak sehingga disebut "Sewu". "Lawang" yang berarti "Pintu" dalam bahasa Jawa dan "Sewu" yang berarti "Seribu" dalam bahasa Jawa.
Destinasi ini memiliki desain khas Belanda sehingga sangat bagus dijadikan background foto. Gedung ini merupakan gedung tua bersejarah peninggalan Belanda. Gedung ini dulu menjadi pusat perusahaan kereta api oleh pemerintahan Belanda.

Bangunan bersejarah ini memiliki daya tarik tersendiri. Destinasi yang berada di Simpang 5 Kota Semarang ini memiliki sensasi tersendiri saat berkunjung di siang dan malam hari. Di bagian depan bangunan terdapat Replika Kereta Api yang tidak dioperasikan lagi.
5. Gereja Blenduk
Travellers, Destinasi berikutnya ialah Gereja Blenduk. Gereja ini dibangun pada tahun 1753 dan Gereja ini menjadi salah satu landmark di Kota Lama. Bangunan ini terletak di Jl. Letjen Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dengan nama Gereja GPIB Immanuel. Disekitar bangunan ini juga terdapat sejumlah bangunan lain dari masa kolonial Belanda seperti Gedung Marba.








6. Sam Poo Kong

Travellers, saat berkunjung ke Kota Semarang dapat mengunjungi Sam Poo Kong. Sam Poo Kong juga dikenal dengan sebutan Kelenteng Gedung Batu. Kelenteng ini berwarna merewah seperti kuil pada umumnya. Bangunan juga dihiasi dengan lampion. Tidak hanya bangunan, lampion juga dapat ditemukan pada pohon dan pintu masuk. Sam Poo Kong terletak di Simongan, Semarang.