Tahapan Penting Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah



Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu ajang yang diselenggarakan beberapa instansi setiap tahun. Kompetisi ini biasanya diselenggarakan untuk pelajar dan mahasiswa. Namun, hanya sebagian mahasiswa/ pelajar yang mengambil kesempatan pada kompetisi ini. Terkadang, mereka bingung proses mengikuti kompetisi ini. Dalam mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah, terdapat beberapa tahapan penting.

  1. Mencari Informasi Lomba

Mencari informasi lomba menjadi tahapan awal pada saat ingin mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Informasi lomba dapat diperoleh melalui berbagai sumber seperti website penyelenggara, instagram, facebook, teman dan lain-lain. Salah satu informasi yang paling update dan mudah dikunjungi ialah instagram @infolomba . Selain itu, informasi juga dapat diakses di website dan sosial media lain.

  1. Mempelajari Panduan Lomba

Setelah memperoleh informasi, segera pelajari syarat dan ketentuan lomba. Biasanya, kita memperoleh beberapa informasi melalui panduannya sebagai berikut :

a. Ketentuan Peserta Lomba

b. Sistematika Penulisan

c. Timeline meliputi deadline pengumpulan karya, deadline pengumuman hasil dan informasi lain.

d. Cara pengiriman karya/ submit karya

e. Informasi seputar latar belakang lomba, tujuan dan manfaat

f. Informasi seputar penyelenggara lomba

  1. Mencari Partner/ Tim

Pada tahap ini, Kita mencari partner/tim yang komitmen. Mencari partner itu terkadang sulit karena ada banyak tahapan pada kompetisi ini sehingga tidak bisa setengah-tengah. Pada awal, penawaran dengan partner harus bersama-sama menyelesaikan projek yang telah disepakati.

  1. Mencari Ide

Bersama tim, Kita mencari ide yang akan dikerjakan. Sesuaikan ide dengan tema yang diselenggarakan penyelenggara. Ada banyak cara dalam memperoleh ide. Ada yang memperoleh ide melalui membaca, ada yang memperoleh ide melalui menonton dan ada juga yang memperoleh ide melalui jalan-jalan. Ada banyak cara lain. Ada pula yang memperoleh ide karena ketidaknyamanan atau masalah yang ditemui di tengah-tengah masyarakat. Ide juga dapat diadopsi dari ide orang lain dengan cara atm (amati, tiru, modifikasi). 

  1. Membaca Literature

Setelah tim memiliki ide, membaca banyak literatur untuk menjadi dasar atau pondasi dalam merealisasi ide. Review literatur yang relevan dengan ide. Literatur yang digunakan harus credible dan dari sumber terpercaya. Search digoogle dengan keyword yang related to your idea. Kunjungi website terpercaya.

  1. Membuat Kerangka Berpikir
            Pada tahap ini, ide dikembangkan sesuai alur pemikiran. Dilatar belakangi masalah dan ide atau              solusi untuk menyelesaikan masalah. 

  1. Mulai mengerjakan

Ide yang telah dimiliki tim dikerjakan dari BAB 1. Karya Ilmiah memiliki beberapa BAB meliputi : 

BAB I Pendahuluan

           1.1. Latar Belakang

           1.2. Rumusan Masalah

           1.3. Tujuan

           1.4. Manfaat

BAB II Kajian Pustaka

BAB III Metodologi Penelitian

          3.1. Metode Penelitian

          3.2. Subject Penelitian

          3.3. Waktu dan Tempat

          3.4. Teknik Pengumpulan Data

          3.5. Teknik Analisis Data

BAB IV Hasil

BAB V Pembahasan

BAB VI Penutup

          6.1. Kesimpulan

          6.2. Saran

  1. Bimbingan

Dalam penulisan karya, tim dibimbing oleh Pembimbing baik guru pembimbing maupun dosen pembimbing. Bimbingan dilakukan berawal dari ide hingga penulisan karya. Pada saat bimbingan, tim akan memperoleh kritik dan saran sekaligus belajar dalam berkarya. 

  1. Pengurusan Administrasi

Penulisan karya yang telah selesai, tahap selanjutnya mengurus syarat administrasi mengikuti lomba seperti lembar pengesahan, surat rekomendasi dan lain-lain.

  1. Submit

Setelah selesai segera submit. Jangan terlalu dekat dengan deadline. Agar dapat memperbaiki saat ada masalah dapat segera diatasi. 

  1.  Mempersiapkan Presentasi
            Tahap ini dilaksanakan setelah diperoleh pengumuman sebagai finalis, namun tim juga dapat                  mempersiapkan lebih awal. Dengan persiapan lebih awal, tim dapat belajar bersama dalam                      presentasi dan menjawab pertanyaan dari juri. 
  1.  Latihan Presentasi
            Latihan presentasi merupakan salah satu tahap penting karena dengan berlatih, tim lebih siap                 dan kompak dalam menyampaikan ide atau gagasan. Selain itu, untuk menghitung durasi                         presentasi. Biasanya, tim hanya memiliki waktu 10 menit untuk presentasi.
  1. Presentasi
            Saat terpilih sebagai finalis, tim akan melakukan presentasi. Presentasikan karyamu dengan                     baik. Dalam presentasi juga perhatikan sikapmu. Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami dan                 sampaikan materi dengan jelas.

  1. Pengumuman Lomba

             Pengumuman lomba menjadi tahapan terakhir dari sebuah kompetisi. Tahap ini merupakan                     tahap yang ditunggu-tunggu oleh tim. Biasanya terdapat 6 pemenang yaitu Juara 1, Juara 2,                    Juara 3, Harapan 1, Harapan 2, dan Harapan 3. Di setiap kompetisi, ada yang menang dan                       kalah,namun proses panjang ialah pembelajaran yang luar biasa. Tetaplah semangat bagi semua              tim.           


Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada video berikut



0 Komentar