Berorganisasi, Penting atau Nggak?

 


Berorganisasi, sebuah kata yang cukup familiar bagi generasi muda. Generasi muda sebagai agent of change dapat belajar, berkolaborasi dan berprestasi melalui berorganisasi. Sebaliknya, ada juga yang berpendapat bahwa berorganisasi hanyalah membuat waktu, membuat lelah dan tak dibayar. Menurut kamu, berorganisasi itu penting atau nggak?

Kali ini, L. Widodo (Host/ Founder Eldoclass) akan berbincang dengan salah satu pemuda yang aktif berorganisasi. 

Tri Andika...

Saat ini sedang menempuh pendidikan Semester Ganjil di Universitas Jambi, Fakultas Hukum. Ia aktif dibeberapa organisasi meliputi UKM Protokoler, PMI Unit Markas Tanjung Jabung Timur, Ikatan Bujang Gadis Tanjung Jabung Timur dan Pramuka.

"Motivasi Mengikuti Berorganisasi"

Setiap orang memiliki motivasi saat mengerjakan sesuatu, begitu pula bagi Dika. Dika memiliki beberapa motivasi saat mengikuti organisasi. Ia memiliki interest atau ketertarikan dengan organisasi. Baginya, organisasi adalah wadah untuk bersosialisasi dengan banyak orang Selain itu, melalui organisasi Dika memiliki relasi atau networking yang luas. Ia juga menyampaikan bahwa melalui organisasi memperoleh ilmu dan pengalaman baru.

"Perlu atau Tidak Berorganisasi"

Kita tidak cukup dengan akademik saja. Kita memerlukan organisasi untuk memperoleh pengalaman lain dan networking. Selain itu, organisasi sebagai wadah untuk mengasah potensi yang kita miliki.

"Pengalaman Paling Berkesan"

Dika memiliki beberapa pengalaman yang mengesankan selama mengikuti organisasi. Ia telah berorganisasi sejak duduk di Sekolah Menengah Pertama. Ia berkesempatan menjadi delegasi Provinsi Jambi pada Kemah Budaya Tingkat Nasional. Dika memperoleh Juara umum 1. Selain itu, Ia juga menjadi delegasi Provinsi Jambi pada Jambore Nasional Pramuka di Jakarta. Ia sangat bersyukur memperoleh kesempatan yang luar biasa ini karena Ia bertemu dengan teman-teman pramuka se-Indonesia dan 17 Negara Tetangga.

Dika juga memiliki beberapa pencapaian lain. Ia meraih Juara 1 Duta Palang Merah Indonesia tingkat Tanjung Jabung Timur. Selain itu, Ia juga meraih Runner up 1 Bujang Gadis Tanjung Jabung Timur 2019. 

"Improve melalui Organisasi"

Terdapat beberapa skills yang dapat improve melalui organisasi. Melalui organisasi, kita dapat belajar kepemimpinan. Kita belajar memimpin diri-sendiri ke arah yang positif. Selain itu, kita dapat bersosialisasi dengan banyak orang melalui organisasi. Saat berorganisasi, kita juga belajar solve problem yang sebelumnya belum pernah kita temukan. Kita juga dapat belajar berpendapat dan menghargai orang lain. Organisasi mengajarkan banyak hal baru dan mengajarkan public speaking. 

"Dapat berkomunikasi dengan baik itu penting untuk menjalin hubungan yang baik"

"How to manage your time"

Ada banyak kegiatan, kita dapat mengatur prioritas baik kegiatan akademik maupun non akademik. Memenejemen waktu kita dengan memimpindiri ke arah positif. Akademik dan non-akademik harus balance. 

"Kuliah itu untuk mendapatkan hal yang belum kita dapatkan sebelumnya. Bukan sebatas nilai, tetapi lebih dari itu. Kita dapat menemukan kesempatan dan peluang sesuai potensi yang kita miliki"

Selengkapnya bisa dilihat di Channel Youtube Eldoclass


 




0 Komentar