Berburu Oleh-Oleh Khas Jambi


"Welcome to Sultan Thaha Airport" tulisan yang Aku baca saat baru tiba di Bandara Sultan Thaha Provinsi Jambi. Seperti biasa, Aku tidak terlalu banyak membawa barang cukup 1 tas ransel dan 1 mini koper. Keduanya Aku letakkan di bagasi kabin sehingga Aku bisa segera meninggalkan airport tanpa mengantri untuk mengambil bagasi. Saat keluar melalui pintu kedatangan, tubuhku langsung beradaptasi dengan suhu kota ini. Seseorang menghampiriku dan Ia mengucapkan "Selamat datang di Provinsi Jambi". Ia adalah temanku yang sedang study di salah satu universitas negeri di Jambi.
***

           "Mau explore mana aja nih?", tanya dia. "Aku mau explore beberapa destinasi wisata di Provinsi Jambi seperti Gentala Arasy, Candi Muaro Jambi, Gunung Danau 7 dan Kebun Teh Kayu Aro. Aku lebih memilih keempat tempat tersebut karena Aku memiliki waktu yang singkat di Provinsi Jambi. Aku bersama temanku menuju parkir motor dan menuju kosan temanku. Kami akan meletakkan mini koper dan beberapa barang yang tidak diperlukan saat berkunjung ke destinasi wisata. 

***
            Usai dari kosan, Kami langsung menuju destinasi pertama yang akan kami kunjungi yaitu Candi Muaro Jambi. Destinasi ini letaknya tidak jauh dari Kota Jambi sekitar 25 menit. Setibanya di destinasi ini, Kami membeli tiket dan segera masuk ke wisata Candi Muaro Jambi. Di tempat ini, Aku melihat Candi dan membaca beberapa informasi terkait candi. Tempatnya sangat sejuk dan cocok untuk piknik bersama keluarga. Destinasi ini sangat luas, Aku menyewa sepeda. Harga sewa cukup terjangkau. Jangan lupa membawa jaket karena matahari sangat terik disiang hari.

***
             Setelah beberapa jam, saatnya Aku bersama temanku mengembalikan sepeda dan meninggalkan Candi Muaro Jambi. Sebelum meninggalkan destinasi ini, Aku berburu berbagai oleh-oleh khas Jambi. Di pintu masuk Candi Muaro Jambi terdapat banyak oleh-oleh khas Jambi seperti miniatur rumah adat, lacak, gantungan kunci dan lain-lain.

***
             Matahari masih sangat terik, Aku harus kembali ke Kota Jambi. Aku tidak singgah digentala Arasy tetapi Aku berburu oleh-oleh di beberapa tempat. Tempat yang pertama yang Aku kunjungin ialah Jakoz (Kaos Berbumbu Jambi). 
Jakoz (Kaos Berbumbu Jambi) merupakan salah satu pusat oleh-oleh khas Jambi. Aku berburu beragam oleh-oleh tersedia di tempat ini seperti kaos dengan bumbu Jambi, miniatur khas rumah adat Jambi, gelang resam, gelang sebalik sumpah dan lain-lain. Jakoz terletak di Jl.Kol., Amir Hamzah, Sei Kambang, Telanaipura, Jambi City, Jambi 36122, Indonesia. Jakoz buka setiap hari pukul 8 am-9 pm. (Sumber Gambar : http://www.kaosjakoz.com/ ).

***
               Pusat oleh-oleh yang Aku kunjungin berikutnya ialah Jambi Roru Cake. Jambi Roru Cake terletak tidak jauh dari Jakoz. Jambi Roru Cake terletak di Jl. Kolonel Amir Hamzah Nomor 34, Sungai Kambang, Jambi. Jika dibeberapa kota besar di Indonesia ada oleh-oleh kue artis yang sedang hits, Jambi juga terdapat cake artis yang terkenal yaitu Jambi Roru Cake. Jambi Roru Cake memiliki bentuk yang bulat dan persegi panjang. Dengan beragam varian, kamu memiliki banyak pilihan. 7 varian yang berbentuk persegi panjang meliputi Choco Banana, Black Forest, Double Cheese, Choco Matcha, Choco Berry, Choco Cheese dan Oreo Vellvet. Sedangkan Varian berbentuk bulat meliputi Choco "O" Roru, Pandan "O" Roru dan Berry "O" Roru. Harga setiap varian berbeda-beda sekitar 45ribu hingga 65ribu per kotak. (Sumber gambar : Facebook Jambi Roru Cake)

***

             Tidak jauh dari Jambi Roru Cake, Aku berburu oleh-oleh khas selanjutnya yaitu Nubi Monster Jambi. Nubi Monster Jambi terletak di Samping Teras Alfamart depan Toko Kedaung Simpang III Sipin dan Samping RM Dendeng Batakok Pusako Satu Jl Arif Rahman Hakim Telanai (Deretan Ovaltineswiss Chocomalt). 
Aku menemukan berbagai varian Nugget Ubi Ungu, Pisang Pop, Nubi chocolate Extra berbagai toping. Jangan lupa, Nubi Monster Jambi buka 3 pm -10 pm.
(sumber gambar : Facebook Nubi Monster)




***
Tempat oleh-oleh terakhir yang Aku kunjungi di Kota Jambi ialah Tempoyac. Toko oleh-oleh menjual berbagai macam produk khas Jambi seperti kaos, souvenir, panganan kecil, batik Jambi, madu,teh,kopi, kain, makanan khas, snack dan juga pernak pernik kecil seperti gantungan kunci dan magnet kulkas. Tempoyac terletak di Jalan Jendral Sudirman No.18
Tambak Sari Jambi Selatan Kota Jambi
Jambi 36122 Indonesia Setiap hari 7.30-20.30
(sumber gambar : https://temphoyac.business.site/ )
***

              Usai berburu oleh-oleh, Aku sejenak singgah di gentala arasy untuk menyaksikan matahari terbenam. Aku segera kembali ke penginapan untuk bersiap-siap menuju destinasi berikutnya yaitu Kabupaten Kerinci. Menyusun oleh-oleh dan mempersiapkan berbagai barang. Pukul 20.00, mobil yang telah Aku pesan datang. 
***
               Destinasi yang Aku kunjungi saat ke Kerinci ialah Gunung Danau 7 dan Kebun Teh Kayu Aro. Ada banyak destinasi yang menjadi pilihan untuk dikunjungi namun Aku menyesuaikan waktu. Usai mengunjungi kedua destinasi, Aku singgah ke pusat oleh-oleh saat meninggalkan Kayu Aro. Pusat oleh-oleh ini Aku lewati saat kembali ke Kota Sungai Penuh dari Kayu aro yaitu Lubuk Nagodang.
Saat berkunjung ke Kabupaten Kerinci,pastikan kamu mengunjungi pusat oleh-oleh ini. Saat ingin menuju Gunung Kerinci dan Kebun Teh Kayu Aro dari arah Kota Sungai Penuh, kamu akan melewati Lubuk Nagodang. Pusat oleh-oleh ini tidak dalam 1 gedung tetapi berjejer dipinggir jalan seperti toko-toko. Kamu akan menemui banyak pilihan toko dan pilihan harga yang sesuai dengan keinginanmu. 


Saat berkunjung ke pusat oleh-oleh ini, kamu dapat membeli oleh-oleh khas Kabupaten Kerinci yaitu dodol kentang. Jangan khawatir, kamu juga dapat membeli beragam oleh-oleh khas jambi ditempat ini seperti sirup kayu manis, kopi AAA, teh kayu aro, beragam makanan ringan, beragam kaos, beragam gantungan kunci dan lain-lain. 
***
             Usai berburu oleh-oleh, Aku kembali ke Kota Jambi dan istirahat sejenak di kosan teman. Kemudian, Aku diantar teman ke Bandara Sultan Thaha untuk kembali ke Kota tempatku study. Jambi, terima kasih atas segala pengalaman. Semoga referensi pusat oleh-oleh di atas dapat menjadi referensi pembaca saat mencari oleh-oleh khas Jambi. 











3 Komentar

  1. pempek belum masuk bang! :D hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada rekomendasi tempat untuk membeli mpek-mpek...

      Hapus
  2. banyak bang, asiong, slamet, mamad, sesuai selera... kalo lidah saya cocoknya sm mamat

    BalasHapus