7 Tips Menulis Karya Tulis Ilmiah

       Menulis Karya Tulis Ilmiah memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghasilkan karya, begitupun Aku. Aku mau berbagi tips menulis Karya Tulis Ilmiah. Aku memiliki beberapa tips saat menulis Karya Ilmiah. Aku akan bahas satu per satu. 

1. Search Informasi Lomba
Biasanya, Aku menulis karya ilmiah untuk mengikuti lomba baik ditingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional. Untuk mengikuti lomba, Aku awali dengan mencari informasi lomba tersebut. Lomba Aku peroleh dari berbagai sumber. Kadang Aku peroleh melalui postingan di Akun instagram dan Akun facebook. Aku juga memperoleh melalui status social media. Aku lebih sering search di google dengan keyword "lomba menulis", "lomba karya ilmiah", dan lain-lain. Aku sering mengunjungi beberapa link www.tulis.me , 
www.lombaapasaja.comwww.informasilomba.comhttp://infosayembara.com . Setelah memperoleh informasi lomba, lihat deadline, syarat umum dan tema. Aku mememilih lomba yang sesuai dengan syarat sebagai peserta, tema dan deadline yang sesuai. 

2. Pilih tema
         Topik yang Aku pilih merupakan topik-topik yang Aku pahami. Setidaknya, bidang yang Aku tulis merupakan bidang-bidang yang terkait pendidikan, culture dan social science. Dengan bidang yang Aku pahami, Aku dapat menyelesaikan karya dalam waktu yang cukup singkat.

3. Cari masalah dan ide 
          Aku mencari permasalahan yang sesuai tema. Misalnya, Aku memilih tema Pendidikan maka Aku mencari permasalahan-permasalahan bidang pendidikan. Aku menyeleksi masalah prioritas yang akan ditulis. Selanjutnya Aku mencari solusi yang tepat dengan masalah. Aku mencari ide yang sesuai. Ide tersebut bisa original atau bisa juga ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi). Ide yang dipilih tidak hanya didasari oleh prasangka pribadi tetapi juga didukung oleh banyak literature. 

4. Kerangka Berpikir/ Alur Berpikir
         Setiap penulis memiliki cara yang berbeda-beda saat mengawali menulis. Kalau Aku membuat coretan-coretan yang berisi poin-poin secara berurutan yang akan dikembangkan menjadi tulisan. Dengan coretan tersebut, tulisan lebih terarah dan terstruktur. Dalam menulis kita perlu memiliki batasan ruang lingkup dan pembahasan lebih dalam.

5. Referensi
         Karya yang Aku tulis selalu disertai referensi-referensi yang berasal dari sumber terpercaya. Biasanya berasal dari buku, jurnal dan website terpercaya. Referensi tersebut akan menguatkan ide yang Aku usulkan dalam menyelesaikan masalah.

6. Sistematis
        Sistematika penulisan merupakan salah satu bagian penting dalam menulis karya ilmiah. Aku memperhatikan urutan dari cover hingga daftar pustaka. Aku memperhatikan satu per satu bagian. Bagiku, tidak ada sistematika yang baku karena setiap kompetisi memiliki panduan penulisan sendiri. Pada umumnya memiliki sistematika sebagai berikut :
a. Cover
b. Halaman Judul
c. Lembar Pengesahan
d. Kata Pengantar
e. Daftar Isi
f. Daftar Tabel
g. Abstrak
h. BAB I. Pendahuluan
i. BAB II. Metodologi Penulisan
j. BAB III. Pembahasan
k. Kesimpulan
l. Daftar Pustaka
m. Lampiran        
7. Bahasa mudah di Pahami
            Bahasa yang Aku gunakan mudah dipahami. Dengan bahasa yang mudah dipahami membuat pembaca mudah memahami ide yang Aku usulkan. 

0 Komentar