Balancing Study, Achievement and Organization

 

Talks edisi kali ini, L. Widodo (host) berkolaborasi dengan salah satu siswi berprestasi. Ia memiliki beberapa prestasi yang diraih baik sebelum pandemi maupun selama pandemi. Sebelum talks, kita berkenal dulu. Ia adalah Megawati Ananda Putri. Beberapa prestasi yang pernah diraih :

1. Juara 1 Fisika Tingkat SMP dalam kegiatan Jambi Ekspres Science Olympiad 2017 goes to Singapore Tingkat kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2017.

2. Juara 1 Fisika Tingkat SMP dalam kegiatan Jambi Ekspres Science Olympiad 2018 goes to Singapore Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2018.

3. Juara Terfavorit Lomba Cipta Puisi dengan tema bulan suci Ramadhan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifudin Jambi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tahun 2021.

4. Finalis LKTI Balitbangda 2021

5. Harapan 2 Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Provinsi Jambi 2021

6. Juara 1 Lomba Foto Pramuka Tk Tanjung Jabung Timur

Mega, teman-temannya sering memanggilnya. Ia memiliki good habit dalam belajar sehingga membuatnya meraih juara kelas. Ia memiliki cara yang belajar yang berbeda. Ia membuat belajar menjadi menarik dan suasana yang nyaman. Selain itu, Ia memilih metode yang mudah dalam memahami materi pelajaran. Ia terbiasa belajar dengan sendiri atau otodidak. Ia belajar dengan berbagai sumber. 

Mega memiliki cara yang berbeda dalam mencatat. Ia mencatat dengan versinya dengan noted-noted dan simbol-simbol.

Selain berprestasi, Ia juga aktif berorganisasi. Ia aktif pada beberapa organisasi meliputi OSIS, Pramuka, Forum Anak Daerah dan Musikalisasi Puisi

Bagaimana Mega Mengatur Waktu?

Meskipun memiliki banyak aktifitas, Ia memiliki cara tersendiri untuk memenejemen waktu agak dapat balance pada study, achievement dan Organization. Ia mencatat semua kegiatan beserta jadwal. Ia melakukan kegiatan sesuai schedule yang dibuat. Dan memilih skala prioritas jika kegiatan yang harus diikuti dilaksanakan dalam waktu bersamaan.

Bagaimana konsisten berprestasi ?

Meskipun pandemi, Ia tetap aktif berprestasi mengikuti beragam kompetisi. Ketika Ia melihat akun instagram orang lain berprestasi, Ia termotivasi untuk berprestasi. Baginya itu sebuah cambuk untuk selalu berprestasi. Ia segera mencatat saat ada informasi lomba. Ia melihat apakah kualifikasi sesuai dengannya. Selanjuntnya, Ia akan konsultasi dengan guru dan mencari partner. 

Motivasi dalam berkarya? 

Dalam berkarya, Ia semangat untuk menghasilkan karya terbaik. Menurutnya, Ia dikenal karena karya dan tentunya karya yang dibuat bermanfaat.

Mega, Pernah gagal? 

Ia juga pernah namun kegagalan tidak membuatnya berhenti dalam berkarya. Down terjadi saat gagal namun Ia menjadikan ini sebagai proses pembelajaran.

"Nikmati sebuah proses untuk memperoleh sebuah hasil"

Seberapa pentingnya organisasi?
Penting. Karena menurut Mega, organisasi dapat melatih menemukan passion. Selain itu, melalui organisasi Mega memperoleh banyak relasi. Di organisasi, Ia bertemu dengan orang-orang hebat dan membuatnya termotivasi.
"Menikmati masa muda boleh tapi jangan sampai melewati peluang 
sekecil apapun untuk mencapai kesuksesan"
 Selengkapnya dapat dilihat :



0 Komentar