Cerita Inspiratif : Mengajar di Masa Pandemi

 

"Hi, gimana kabar? Sebuah pertanyaan yang mengawali perbincangan. "Apakah Pandemi Covid-19 berdampak dengan aktivitasmu? Pertanyaan yang sering ditanyakan saat ini. Beragam perubahan terjadi hampir 2 tahun. Aku sebagai seorang pengajar merasakan dampak yang signifikan dari pandemi ini. Akupun sering berdiskusi dan bertanya kepada rekan-rekan sesama pengajar. Salah satunya, rekanku yang mengajar dibagian timur Indonesia.

Iant Zoepriant namanya atau akrab dipanggil Inyoongg, seorang pengajar di salah satu Sekolah Dasar di Lombok. Ia berbagi pengalaman dalam mengajar di sekolah tersebut. Ia juga menceritakan pengalaman menarik dan menginspirasi mengajar di masa pandemi. Bagi daerah dengan fasilitas mendukung, pembelajaran Daring (Dalam Daring) dapat diterapkan dimasa pandemi, namun tidak dengan daerah tempat Inyoongg mengajar. Penerapan 5M untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Belajar dari Rumah dan work from home diterapkan. Pada awalnya, Inyoongg ingin menerapkan Daring seperti pada umumnya dan memperoleh support kartu perdana dari provider. Namun, penerapan Daring tidak dapat dilaksanakan karena hanya sebagian kecil peserta didik yang memiliki fasilitas pendukung daring. Iapun mencari alternatif. Ia menerapkan sistem Guling (Guru Keliling).

Sebelum pembelajaran, Ia mempersiapkan modul untuk pembelajaran. Ia membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok memiliki titik temunya masing-masing. Ia memanfaatkan pondok atau rumah-rumah kecil disawah sebagai titik temu. Ia mengajar 2 atau 3 siswa pada setiap pondok dengan penerapan protokol kesehatan. Usai mengajar, Inyoongg memberikan tugas mandiri kepada siswa/i untuk dikerjakan dirumah. Pada masing-masing titik temu disiapkan sebuah kardus sebagai tempat pengumpulan tugas. Siswa mengumpulkan tugas pada kardus tersebut dan akan diambil oleh guru sesuatu jadwal yang telah disepakati.

Dalam penerapan sistem Guling terdapat banyak hal menarik. Inyoongg harus datang tepat waktu karena siswa akan diajak orang tua ke sawah jika Ia terlambat datang. Selain itu, siswa sering memberikan buah-buahan saat mengumpulkan tugas seperti buah naga dan buah-buahan yang sebelumnya belum pernah diketahuinya. Hal menarik lain yang Inyoongg temui ialah siswa mengantuk saat Ia mengajar karena suasana sawah yang sejuk dan angin yang semilir sehingga siswa merasa didongengin.

Cerita inspiratif selengkapnya dilihat melalui Channel Youtube eldoclass.





0 Komentar