Apa yang kamu pikirkan saat melihat orang lain sukses dan memiliki banyak prestasi ? Pasti kamu terinspirasi dan ingin menjadi sepertinya. Kamu ingin memiliki prestasi yang sama. Lalu, apa yang kamu lakukan? Apakah cukup mengaguminya untuk meraih apa yang kamu impikan?



            Kita sering kali fokus pada tujuan namun tidak melihat proses, padahal untuk sampai pada tujuan kita butuh proses. Ada banyak rintangan yang harus dilewati untuk bisa menggapai impian.

            Seseorang yang hari ini menjadi pemenang kompetisi, bukan berarti tidak pernah kala. Ini juga bukan kali pertama Ia mengikuti kompetisi. Bisa jadi, Ia mengalami kekalahan yang berkali-kali hingga hari ini dapat menggapai kemenangannya. Dalam sebuah kompetisi, Kita belajar banyak hal. Kita memperbaiki kesalahan yang pernah kita lakukan. Semakin sering mengikuti kompetisi, kita semakin memahami apa yang terbaik hingga kesalahan yang kita lakukan semakin sedikit. Kekalahan-kekalahan yang pernah dialami menjadikan tangguh dan kuat. Kekalahan membentuk karakter pejuang hingga meraih apa yang diinginkan. Kekalahan dalam kompetisi ialah salah satu kemungkinan yang harus kita terima. Kekuatan yang kita miliki, mampu membuat kita bangkit dari keterpurukan. Seseorang pernah berpesan kepadaku," Kompetisi itu proses untuk kita belajar dan kemenangan adalah bonus atas kerja cerdas dan kerja keras". Jadi, ada kerja cerdas dan kerja keras untuk menjadi pemenang.

          Seseorang yang mampu berbicara di depan audience juga pernah merasakan nervous dan takut. Kembali lagi kepada proses. Berlatih dan sering berbicara di depan audience akan membuat percaya diri meningkat dan mampu mengendalikan kecemasan. Jam terbang dan penguasaan materi sangat berpengaruh. Begitu pula seseorang yang memiliki kemampuan menulis, bermusik, olahraga dan lain-lain. Mereka melalui proses belajar.

          Kompetisi juga dapat menjadi parameter atas kemampuan yang kita miliki. Sejauh mana kemampuan yang kita miliki dibandingkan orang lain. Kita akan menyadari kekurangan yang kita miliki dan menjadi motivasi untuk terus belajar. Tidak ada yang instan untuk memiliki prestasi. Ada banyak proses yang harus kamu lewati. 

         Kita tidak perlu menunggu sempurna untuk mengikuti kompetisi karena kompetisilah yang akan membuat kita mendekati sempurna. Jangan fokus pada satu keterampilan yang kita miliki. Bisa jadi keterampilan yang kita miliki jarang ada dalam bidang kompetisi. Ambil kesempatan jika Kamu merasa mampu untuk mengikutinya.

          Tidak ada ruginya ketika kamu memiliki prestasi. Akan ada banyak manfaat yang kamu peroleh seperti masuk sekolah impian, masuk kampus impian, mendapatkan beasiswa dan lain-lain.

           Apakah yang akan kamu lakukan setelah membaca tulisan ini? Apakah kamu akan berhenti bermimpi atau melewati proses-proses untuk sampai pada tujuan?