Apa sih rencanamu setelah menyelesaikan kuliah? Pertanyaan ini sering didapat oleh mahasiswa-mahasiswa di penghujung study atau wisudawan/i. Begitupun denganku. Akupun menjawab bahwa Aku akan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Keterbatasan biaya membuatku memilih mencari beasiswa terlebih dahulu sebelum melanjutkan study. Akupun submit beberapa beasiswa dan Aku berhasil pada salah satu beasiswa yang telah Aku apply. Beasiswa tersebut ialah beasiswa LPDP. Untuk memperoleh beasiswa ini, Aku mempersiapkan berbagai dokumen. Selain itu, Aku juga belajar bahasa Inggris baik otodidak maupun les karena skor toefl yang Aku butuhkan belum tercapai. Skor yang Aku inginkan tercapai setelah beberapa kali tes. Kali ini Aku ingin berbagi tips, lebih tepatnya berbagi pengalaman persiapan apply beasiswa LPDP. Aku yang lulus 2015 berkolaborasi dengan salah satu teman awardee 2018 karena Aku ingin berbagi informasi ter-update.
1. Persiapan
           Persiapan menjadi salah satu tahap penting dalam apply beasiswa. Persiapkan syarat-syarat yang diperlukan. Persiapan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena beberapa dokumen memerlukan test dan score tertentu seperti Toefl dan IELTS. Sering kali ada yang bertanya, dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan? Persiapkan dokumen sesuai jalur yang kamu pilih. Lihat booklet masing-masing jalur dan pilih sesuai kualifikasi yang kamu miliki. Booklet dapat diperoleh melalui link berikut ini:
a. Booklet Beasiswa Reguler
b. Booklet Beasiswa Daerah Afirmasi
c. Booklet Beasiswa Alumni Bidikmisi
d. Booklet Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
e. Booklet Beasiswa Santri
f. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
g. Booklet Beasiswa Prestasi Seni Internasional
h. Booklet Beasiswa Penyandang Disabilitas
i. Booklet Beasiswa Indonesia Timur

Selengkapnya, kamu dapat mengunjungi Unduh Booklet Lengkap. Selain booklet, link tersebut juga menyediakan informasi terkait Daftar perguruan tinggi LPDP, format lampiran dan lain-lain. Setelah menentukan jalur yang dipilih sesuai kualifikasimu, siapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Persiapkan dokumen dengan teliti dan periksa dokumen-dokumen yang memiliki batas berlaku seperti Sertifikat Toefl.
         
2. Submit
             Setelah dokumen siap dan telah dibuka pendaftaran, buat akun melalui link https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ . Selanjutnya login dan upload dokumen yang tersedia. Usahakan submit tidak terlalu dekat dengan penutupan pendaftaran. Biasanya mendekati deadline, banyak yang sedang login akun sehingga akan membuatmu mengalami loading yang membutuhkan waktu relatif tidak cepat. Jika kamu merasa dokumenmu telah lengkap terupload dan data akun sudah benar, periksa kembali sebelum kamu memutuskan untuk meng-klik submit. Setelah submit, Kamu menunggu beberapa waktu untuk memperoleh pengumuman hasil seleksi administrasi melalui email dan akun masing-masing.
  
3. Seleksi Berbasis Komputer (SBK)
             SBK merupakan tahap yang harus dilalui setelah dinyatakan lulus administrasi dan ditetapkan sebagai peserta Seleksi Berbasis Komputer. Materi pada tahap ini ialah :
a. Tes Potensi Akademik atau Tes Intelijensi Umum
     Tes ini sangat berpengaruh terhadap kelulusan pada tahap SBK karena pengambilan keputusan peserta yang dinyatakan lulus pada Seleksi Berbasis Komputer berdasarkan hasil nilai Tes Potensi Akademik.

b. Soft Competency atau Tes Karakter Kepribadian
          Pada tes ini akan menguji kepribadian mirip soal CPNS TKP (Tes Karakter Kepribadian). Pada setiap soal Soft Kompetensi tidak ada yang bernilai salah, tapi memiliki poin di masing-masing jawabannya, poinnya mulai dari 1-5. Pada tes ini kamu harus teliti karena harus memilih jawaban yang paling tepat. Biasanya, pilihan memiliki jawaban yang panjang sehingga kamu harus cepat memahami karena waktu terus berjalan.

c. On the spot essay writing

     Pada tes ini kita diberikan soal dengan narasi yang panjang tentang permasalahan yang dialami Indonesia saat ini, dan kita dimintai memberikan solusinya. Intinya kita harus sering nonton berita dan membaca artikel artikel berita, seperti kompas, liputan6, detik dan lain-lain agar bisa menjawab soal tersebut dengan baik. Bacalah dan menonton berita-berita yang pernah menjadi topik perbincangan, topik terkini dan topik-topik yang setahun terakhir. Saat Essay On the spot ini upayakan tetap fokus, karena suara saut-sautan ketikan di keyboard masing-masing peserta

Selalu jalin komunikasi dengan teman-teman yang melakukan tes di tempat yang berbeda agar dapat bertukar informasi terkait persiapan tes dan tes yang telah terlaksana.

4. Wawancara
             Tahap seleksi wawancara dilaksanakan sesuai lokasi yang kamu pilih saat mendaftar. Tahap terakhir ialah wawancara namun kamu harus melakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu. Peserta tidak dapat mengikuti seleksi wawancara apabila dokumen yang diserahkan tidak sesuai persyaratan LPDP atau terdapat unsur pemalsuan dokumen. Jika kamu lulus verifikasi data, maka kamu akan lanjut ke tahap seleksi wawancara. Kamu akan diwawancarai oleh tim awancara yang ditetapkan LPDP.
            Pertanyaan wawancara tidak dapat diprediksi. Pertanyaan wawancara terkait aktifitasmu pada study sebelumnya, aktifitas setelah lulus, rencana study, rencana pasca study dan lain-lain. Durasi wawancara sekitar 30-40 menit.
             Semoga informasi di atas dapat membantu teman-teman yang akan dan sedang apply beasiswa LPDP. Sukses selalu...