Dalam melakukan sesuatu, Kita harus memiliki motivasi yang kuat. Seperti hal berkompetisi, kita harus memiliki motivasi dan alasan kenapa harus ikut kompetisi. Tim eldoclass membuat 10 alasan ikut kompetisi sebagai berikut.

  • Ikut Kompetisi 1 | Mengasah Bakat

Setiap orang memiliki bakat. Hal yang disukai sering kali dikenal sebagai bakat. Kira-kira apakah bakat yang kamu miliki?

Seseorang yang memiliki bakat namun tidak pernah berlatih maka bakat yang dimiliki belum diasah dengan maksimal. Dengan mengikuti kompetisi, kamu akan mengasah bakat yang dimiliki secara terus menerus dan selalu berlatih. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan yang kamu miliki. Kamu akan membandingkan kemampuanmu dengan lawan. Dengan demikian, kompetisi selalu berlatih dan meningkatkan kualitas karya yang dihasilkan. Kesalahan dan kekurangan yang terjadi dapat menjadi bekal untuk kompetisi berikutnya.



  • Ikut Kompetisi 2 | Meningkatkan kemampuan

Dalam mengikuti kompetisi, kita belajar baik dengan hal yang sudah kita ketahui maupun belum diketahui. Tak kita sadari, kita semakin tahu dan itu artinya kemampuan kita meningkatkan. Misalnya, membuat sebuah karya digital, mau tidak mau tentu kita mencari referensi dan menganalisis. Dan proses tersebut membuat kita belajar lebih dari biasanya. Contoh lain, kompetisi menulis. Tentu kita harus membaca banyak referensi yang berhubungan dengan topik yang akan ditulis. Dengan membaca, pengetahuan yang kita miliki bertambah.

  • Ikut Kompetisi 3 | Memperoleh Sertifikat Penghargaan

Dalam sebuah kompetisi, pemenang akan memperoleh hadiah. Hadiah biasanya berupa Tropi, Uang Pembinaan dan Sertifikat. Peserta yang belum menang, biasanya akan tetap memperoleh sertifikat. Sertifikat yang kita peroleh dapat digunakan untuk beberapa hal. Pertama, bagi kamu yang sedang duduk disekolah dasar  dan sekolah menengah pertama (SMP) dapat menggunakan sertifikat untuk melanjutkan study ke jenjang sekolah berikutnya melalui jalur prestasi. Kedua, bagi kamu yang sedang duduk di Sekolah Menengah atas, dapat menggunakan sertifikat sebagai dokumen pendukung saat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN. Ketiga, bagi kamu yang sedang kuliah, sertifikat dapat digunakan sebagai dokumen pendukung untuk apply scholarship, baik scholarship saat study maupun scholarship ke jenjang magister. 

  • Ikut Kompetisi 4 | Memiliki Banyak Teman

Kompetisi mempertemukan kita dengan teman-teman baru yang berbagai sekolah atau kampus. Jika kita mengikuti kompetisi di tingkat nasional, maka kita akan ketemu dengan teman baru yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia. Dengan memiliki teman baru membuat kita termotivasi untuk semangat berkarya. Dengan networking yang luas, kita dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber. Misalnya, kita ingin berkunjung ke suatu kota, kita dapat menghubungi teman yang berasal dari daerah tersebut.

  • Ikut Kompetisi 5 | Dikenal Banyak Orang

Dengan mengikuti kompetisi, kita akan mempublikasi kegiatan di social media pribadi dan social media sekolah/ kampus tempat kita study. Oleh karena itu, kita akan dikenal setidaknya pelajar/ mahasiswa tempat kita belajar.

  • Ikut Kompetisi 6 | Punya CV yang Menarik

Kompetisi yang pernah kita ikuti akan menjadi history atau riwayat prestasi. Salah satu aspek yang dicantumkan ke Curriculum Vitae (CV) ialah prestasi. Dengan prestasi yang banyak maka kamu memiliki CV yang menarik. CV biasanya digunakan untuk apply scholarship, job hunters, mengikuti pemilihan ambassador dan lain-lain. Ketika prestasi yang miliki banyak, maka semakin menarik CV kita.

  • Ikut Kompetisi 7 | Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Dalam kompetisi, kita akan mempresentasi karya kita di depan audience dan juri. Semakin sering presentasi, semakin percaya diri berbicara di depan orang banyak. Public speaking menjadi salah satu skills yang diperlukan di era saat ini.


  • Ikut Kompetisi 8 | Syarat Pendukung Beasiswa

Terdapat beberapa beasiswa yang bisa kamu raih baik beasiswa di sekolah maupun di kampus. Pada saat interview, kamu akan ditanyakan kesibukan selama di sekolah dan di kampus. Dengan prestasi, kamu dapat menyampaikan bahwa kamu tidak hanya nilai yang baik secara akademik tetapi kamu aktif berkarya dan membawa nama kampus di beberapa kompetisi.


  • Ikut Kompetisi 9 | Jalan-Jalan Gratis

“Jakarta” menjadi Kota pertama yang ingin Aku kunjungi saat study diperguruan tinggi. Ini awalnya menjadi mimpi awal. Dan impian ini dapat terwujud dengan mengikuti kompetisi. Melalui kompetisi, kita dapat jalan-jalan ke beberapa kota yang menjadi impian kita dengan gratis. Kompetisi yang kita ikuti tidak selalu diselenggarakan di kota domisili tempat kita tinggal. Kadang di Provinsi yang masih sepulau, kadang beda pulau. Dan saat mengikuti kompetisi, kita perwakilan sekolah atau kampus tempat kita belajar sehingga akomodasi dibantu oleh sekolah/ kampus. Ada beberapa kompetisi yang akomodasinya ditanggung oleh penyelenggara. Menurut Aku, ketika kamu sekolah/ kuliah, itu adalah masa-masa yang tepat untuk berkompetisi karena disitu punya kesempatan untuk mengenal nusantara.

  • Ikut Kompetisi 10 | Memiliki wawasan yang luas (Pengalaman baru dan culture baru)

Ketika mengikuti kompetisi, kita akan menemukan banyak pengalaman baru. Kita bertemu teman baru dan tempat yang baru. Dan setiap orang dan tempat memiliki culture yang berbeda. Ini adalah moment untuk belajar secara langsung culture yang dimiliki oleh daerah lain. Kita bisa mempelajari mengenai culture masyarakat setempat, kuliner, tempat wisata, transportasi, kampus dan masih banyak lagi. Awalnya kita tidak pernah flight, kita jadi punya flight experience. Dan itu dapat kita peroleh dengan mengikuti kompetisi.