Hi Everyone,

Welcome to my youtube channel, eldoclass

Pada video kali ini, Aku ingin membahas mengenai “Pernah Gagal Gak Sih”.

Aku ingin share my experience and my perception tentang gagal dalam berkompetisi.



1.      Pernah gagal dalam kompetisi?

Pernah. Kompetisi yang Aku ikuti related to paper such as scientific paper, artikel, essay, cerpen dan kompetisi lainnya. Lebih sering ikut writing competition. Tidak semua paper yang Aku submit memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. Terkadang dalam sebuah kompetisi ada banyak paper dan only 10 papers bisa present in front of judges. Kadang menang, kadang kalah. Tetapi inilah sebuah kompetisi. Harus ada yang kalah dan ada yang menang.

2.      Berapa banyak gagal dalam berkompetisi?

Nggak pernah menghitung seberapa banyak gagal. Yang masuk ke list di CV hanya keberhasilan dalam kompetisi baik sebagai finalis maupun sebagai pemenang

3.      Kenapa bisa gagal?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kita gagal. Ketika kita tidak menang dalam sebuah kompetisi karena ada yang lebih baik daripada kita. Selain itu, kita sering tidak maksimal dalam mempersiapkan sebuah kompetisi. Kita terburu-buru atau dekat dengan deadline. Ketika terburu-buru, ada beberapa aspek yang tidak kita perhatikan dan tidak teliti.

4.      Pernah merasa down saat gagal dalam berkompetisi?

Merasa Down saat gagal itu wajar karena kita semua ingin menang dalam berkompetisi. Tetapi kita harus segera bangkit. Ketika meniatkan kompetisi itu sebagai wadah untuk berkarya dan belajar, kita akan mudah untuk bangkit. Gagal itu adalah salah satu kemungkinan yang akan kita peroleh saat berkompetisi. Jadi, kalau kita mengikuti kompetisi, kita harus siap, siap menang dan siap kalah.

Dengan kompetisi, kita belajar untuk terus improve dan tentunya memotivasi diri kita untuk semangat belajar.

5.      Apa yang bisa kamu pelajari saat gagal?

Saat kita melihat karya orang lain, kita memperoleh banyak pelajaran yang bisa kita jadikan referensi untuk berkarya dikemudian hari. Mungkin kita tidak pernah membayangkan ide yang diangkat untuk tim lain. Itu akan menjadi bekal saat kita berkarya kembali. Kita juga bisa belajar atas kekurangan kita. Belajar juga memenejemen waktu dan pekerjaan.

6.      Bagaimana caranya untuk bangkit dari gagal?

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk bangkit dari kegagalan. Kita boleh break sejenak, tetapi segeralah untuk bangkit. Kita cari motivasi untuk membuat kita kembali semangat. Lihat kembali list impian yang belum tercapai. Selain itu, berdiskusilah dengan orang-orang yang menurutmu dapat memberikan asupan positif.

7.      Tips untuk produktif berkompetisi?

Ada banyak kompetisi yang dapat kita ikuti. List aja lomba yang ada yang memprioritaskan beberapa lomba yang menurutmu sesuai keinginanmu. Buat target, setiap bulan submit karya. Nanti dari beberapa karya yang disubmit pastinya ada yang lolos.

Thank you sudah menonton video ini sampai akhir, Aku berharap kamu tetap semangat dalam berkarya. Mungkin tak banyak yang tahu berapa banyak kegagalan kita dalam berkompetisi karena orang lain hanya lihat keberhasilan kita. Mereka terkadang tidak melihat proses kita tetapi hasil yang kita peroleh. Buatlah dirimu dikenal karena karya-karya terbaikmu bukan karena sensasimu. Manfaatkan waktumu dengan hal-hal positif.


Video Selengkapnya pada Youtube.