Hi, mahasiswa dan calon mahasiswa...Apakah kamu mencatat penjelasan materi yang disampai Dosen di depan kelas? Bagi sebagian orang, mencatat menjadi sesuatu yang melelahkan dan menyita waktu. Mencatat memberikan banyak manfaat bagi Mahasiswa. Saat ini, mahasiswa lebih sering memfoto tulisan di whiteboard dan di buku catatan teman. Tentunya memiliki manfaat yang berbeda saat kamu hanya sebatas memfoto tetapi tidak menulis kembali. Mencatat dapat dilakukan di buku tulis dan di tablet menggunakan Stylus Pen. Kamu tim mana nih, nulis di buku atau di tablet?



1. Membantu Kita Mengingat Materi 

Disaat dosen menjelaskan, Kita dapat mencatat poin-poin penting. Gunakan buku khusus untuk mencatat karena menulis cepat dan tulisan tidak rapi. Setiba di rumah,catat ulang dengan rapi sehingga kita tertarik untuk membaca dan semangat belajar. Dengan mencatat ulang, kita dapat mempelajari ulang materi yang telah diajarkan di kelas. Point-point penting ini dapat memudahkan mengingat daripada harus membaca materi kembali dengan bahasa yang terkadang sulit dipahami dan banyak.

2. Meningkatkan Kecepatan dalam Menulis

Dosen menyampaikan materi yang banyak dan cepat, kita harus cepat dan tepat dalam menulis. Jika kita tidak cepat, kita akan ketinggalan materi. Terbiasa menulis cepat dapat membuat kita mampu menulis dengan cepat dan tepat serta memiliki strategi dalam mencatat.

3. Meningkatkan Kemampuan Mendengar dan Melihat

Saat mengikuti perkuliahan, Kita pernah mengalami ngantuk. Hal ini dikarenakan Kita tidak fokus pada materi yang dijelaskan. Dengan mencatat, kita akan mendengarkan penjelasan Dosen dengan baik dan mata fokus melihat tulisan. 

4. Membantu Kita Mengikuti Materi ke Perkuliahan Selanjutnya

Materi yang akan dipelajari seringkali memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya. Ketika kita memiliki catatan, Kita mudah untuk mempelajari materi  pada perkuliahan berikutnya. 

5. Membantu Kita saat Ujian

Materi-materi yang telah dicatat dapat membantu saat mempersiapkan Ujian. Hal ini dikarenakan kita telah memahami dan tidak perlu banyak-banyak membawa buku.Dengan point-point, Kita akan belajar lebih mudah dan sesuai dengan apa yang dijelaskan di kelas.

Masih banyak lagi manfaat dari mencatat saat Dosen memberikan materi. Yuks mulai mencatat dengan versi terbaikmu.