Kampus, tempat paling dirindukan bagi setiap alumni yang telah menyelesaikan study. Tentu ada banyak alasan yang membuat alumni rindu lingkungan kampus. Adapula alumni yang beranggapan biasa saja mengenai kampus. Sebagian orang memiliki kenangan yang luar biasa karena selama di kampus Ia mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Sebagian orang hanya belajar di ruang kelas selama belajar di kampus. Juga ada sebagian orang yang berorganisasi saat di kampus. Kira-kira kamu tipe mahasiswa yang mana? 



         Saat duduk di bangku SMA-Sederajat, mungkin kamu belum memiliki rencana kegiatan yang akan kamu lakukan saat di kampus. Apakah kamu memiliki perencanaan study yang baik? atau kamu hanya ingin mengalir saja dan ikut-ikutan saja? Sudah saatnya kamu memiliki perencanaan study yang baik agar kamu memiliki target yang ingin dicapai saat study. Kali ini Aku ingin berbagi tips kepada kamu agar study kamu terencana dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Semester 1

Diawal perkuliahan kita akan beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem belajar di kampus. Lingkungan kampus dan sistem belajar di kampus sangat berbeda dengan sistem belajar di sekolah. Pada semester awal, kita harus segera beradaptasi. Kenali mata kuliah yang harus diselesaikan selama study. Setelah mengenal, ikuti kegiatan akademik dengan baik. Buat target nilai yang harus dicapai pada semester awal. Kamu harus mengikuti perkuliahan dengan baik agar nilai meningkat. Selain mengikuti perkuliahan di kelas, kita juga bisa mengikuti kegiatan organisasi baik organisasi di kampus maupun di luar kampus.

Pada awal kuliah, kita juga harus mengenal jenis-jenis beasiswa yang ada di Kampus. Jika kamu belum mendapatkan beasiswa, kamu harus mencari informasi terkait beasiswa dan syarat serta ketentuan beasiswa. Selain informasi beasiswa, kita juga mulai mencari informasi lomba baik yang diselenggarakan kampus maupun di luar kampus.

Semester 2

Pada semester 2, kita sudah lebih mengenal lingkungan kampus. Mulailah mengikuti kompetisi ditingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Selain itu, mengikuti pelatihan untuk meningkatkan skills yang kita miliki.

Semester 3

Pada semester 3, kita dapat mulai meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan Menulis. Ikuti kursus dan pelatihan-pelatihan untuk persiapan mengerjakan tugas akhir dan apply beasiswa. Selain itu, untuk menambah pengalaman kita dapat terlibat projek dosen.  Dengan nilai yang baik, kita juga dapat mendaftar menjadi sisten Dosen. Pengalaman-pengalaman tersebut akan membantu kita dimasa mendatang.

Semester 4

Pada semester 4, Kita bisa mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri. Ada banyak kegiatan yang bisa ikuti seperti public speaking. Kita juga dapat mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan networking. Kita bisa menjadi Voulentier diberbagai kegiatan dan mengikuti ajang-ajang ambassador untuk mengasah kemampuan dan wawasan yang kita miliki.

Semester 5

Pada semester 5, kita bisa meningkatkan frekuensi kunjungan ke perpustakaan. Kita bisa membaca beragam riset terdahulu. Selain itu, kita juga bisa membaca berbagai jurnal dari berbagai universitas baik dalam negeri maupun luar negeri. Saat di perpustakaan, kita akan fokus. Sejenak silent handphone dan fokus untuk membaca. Catat hal-hal penting pada buku catatan khusus. Kamu juga bisa mencatat variabel-variabel yang mungkin akan kamu usulkan pada judul skripsi.

Kita juga dapat mengisi kegiatan dengan mencari pengalaman kerja atau part time. Pilih pekerjaan yang fleksibel dan tentunya tidak mengganggu proses perkuliahan.

Semester 6

Pada semester ini, kita akan dianggap sebagai senior di organisasi. Akan ada banyak amanah yang diberikan. Namun kita dapat mengatur kegiatan kita. Kita dapat mulai mengurangi kegiatan organisasi dan kepanitiaan. Setiap keputusan yang kita ambil tentunya akan memiliki banyak konsekuensi. Isi kegiatan dengan mencari berbagai informasi beasiswa S2 seperti LPDP dan Australia Award Scholarship (AAS). 

Pada semester 6, sudah saatnya kita untuk menyusun judul Skripsi. Jika belum memiliki Dosen Pembimbing, kita dapat berkonsultasi dengan kakak senior atau pembimbing akademik. Jika sudah diizinkan mengajukan judul, segera ajukan dan mulailah menyusun proposal penelitian.

Semester 7

Pada semester ini, kita harus lebih fokus pada perkuliahan agar kita dapat lulus sesuai target. Mulailah dengan mendaftar Program PKL/ KKN, melaksanakan program PKL/ KKN dan menyusun laporan PKL/ KKN. Pada semester ini, kita tak lagi belajar di ruang kelas. Kita mulai mengejar untuk melakukan seminar proposal dan melaksanakan pengumpulan data.

Semester 8

Pada semester 8, ada banyak teman yang mulai sibuk menyelesaikan tugas akhir. Begitupula dengan kita. Kita harus menyelesaikan penyusunan Skripsi dan melaksanakan Sidang Hasil.


Tak terasa, Aku telah menceritakan hingga semester 8. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan gambaran dalam membuat plan study. Setiap orang memiliki plan yang berbeda, setiap orang juga berada pada kondisi yang berbeda. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik.