SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) merupakan seleksi masuk PTN yang dibuka paling awal. Perjuangan untuk bisa lulus pada jalur ini perlu dipersiapkan sejak awal masuk ke SMA Sederajat. Kira-kira, apa saja seh persiapkan yang perlu kita lakukan untuk bisa lulus? 

Kali ini, kita akan memperoleh Inspirasi dari Natasya Rizki tentang Proses Kesuksesannya dapat diterima di PTN melalui SNBP. Apa aja yang Natasya Rizki siapkan sejak kelas X dan bagaimana menejemen agar prestasinya meningkat?


Natasya Rizki merupakan Mahasiswa Program Studi Menejemen Pendidikan angkatan 2023. Ia merupakan alumni dari MAN 2 Kota Jambi. Selain kuliah, Ia juga merupakan Duta Genre Kelurahan dan Part of Cakap Kreatif yang mengelola Cakap Inspirasi.

Persiapan yang dilakukan Natasya sejak kelas XI. Persiapan yang dilakukan Natasya berupa mempertahankan prestasi dari semester 1 hingga semester 5. Prestasinya meningkat dari kelas X hingga kelas XII. Selain prestasi akademik, Natasya juga memperhatikan kehadiran. Sebelum pendaftaran, Natasya memperhatikan kuota SNBP untuk sekolahnya. Terdapat beberapa tahap dalam proses pendaftaran. Kehadiran di sekolah juga dapat menjadi salah satu yang berpengaruh terhadap SNBP namun kehadirannya kembali ditinjau. Jika izin untuk lomba atau berprestasi maka dapat menjadi nilai tambah. Sebelum bersaing di Kampus, siswa siswi harus bersaing terlebih dahulu di sekolah. Kita juga perlu melihat nilai pendukung dalam mempertimbangkan program studi yang dipilih.

Dalam proses pemilihan program study, Natasya juga melibatkan orang lain. Ia sering ke ruang Bimbingan Konseling (BK) untuk konsultasi Program Studi yang dipilih karena latar belakang akan mempengaruhi karir kedepannya. Ia juga melibatkan orang tua, teman dan orang-orang disekitarnya dalam memutuskan program studi yang dipilih.Ia juga bersama teman saling memberikan semangat satu sama lain. Ia juga masuk sebagai siswa eligible.

Natasya memiliki motivasi untuk mewujudkan mimpi melanjutkan ke perguruan tinggi. Support orang tua juga menjadi salah satu motivasi Natasya. Natasya juga sudah memiliki impian baik di kampus maupun dijenjang karir. 

Selengkapnya ada di Youtube