Sosok Inspiratif yang berbagi kisah perjuangannya kali ini ialah Yogi Rizky Permana. Kesehariannya, Ia akrab dengan sapaan “Yogi”. Beberapa waktu lalu, Ia menyelesaikan study di salah satu SMA Negeri di Tanjung Jabung Timur. Kini, Ia sebagai Mahasiswa Program Studi Menejemen Ekonomi di Universitas Jambi. Disela kesibukannya, Ia menyempatkan berbagi inspirasi kepada Eldoclass dan kepada kita semua.

Sebagian besar lulusan SMA sederajat bercita-cita melanjutkan ke kampus impiannya. Ada yang memilih untuk melanjutkan ke kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan ada pula yang memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kampus pilihan Yogi ialah Universitas Jambi. Ia berhasil masuk PTN melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Dibalik kesuksesannya, ada perjuangan yang harus Ia tempuh.

 
                                                                                                                                   
Yogi saat ini memiliki kesibukan baik kegiatan akademik maupun non akademik pada semester 1. Kegiatan non akademik yang Ia ikuti berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Kompetisi. Sebelum lulus SNBT, Yogi pernah mendaftar ke PTN melalui jalur SNBP ( Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Ia masuk sebagai siswa eligible, namun belum rezeki untuk lulus SNBP. Ia mencoba kembali melalui jalur SNBT. 

Yogi telah belajar untuk persiapan SNBT sejak kelas XI. Ia mulai memilih metode belajar yang tepat untuk memahami materi. Motivasi Yogi untuk bangkit dari kegagalan pada SNBP. Ibu adalah salah satu motivasi baginya. Ibunya merasa sedih jika Yogi tidak kuliah. Selain itu, teman-temannya juga mensupport Yogi untuk kuliah. Motivasi juga hadir dari dalam diri. Yogi memiliki impian menjadi Pengusaha sehingga Ia ingin banyak belajar.

Menurut Yogi, persiapan yang perlu dilakukan ialah strategi, materi, fisik dan mental. Pemilihan program studi dan kampus berdasarkan minat dan kapabilitas yang dimiliki. Ia juga belajar melalui game seperti menjawab soal. Fisik dan mental juga penting. Jangan sampai kelelahan belajar sehingga sakit dan tidak dapat mengikuti tes dengan baik. Ia juga membaca buku yang berisi kumpulan soal UTBK seperti bank soal. Ia juga mengikuti Tryout untuk mengukur kemampuan yang Ia miliki untuk mengenali bentuk-bentuk soal.
Salah satu penyebab bosan atau tidak konsentrasi saat belajar ialah kelelahan karena memiliki target yang lebih dari biasanya. Biasanya mempelajari 1 Bab, namun memaksakan diri lebih. Tipsnya supaya bosan, ada break ketika mulai lelah. Jeda belajar dapat diisi dengan aktivitas yang disukai. Meningkatkan target belajar secara bertahap.

Selain persiapan belajar materi UTBK, Yogi juga mempersiapkan dokumen untuk mendaftar. Saat belajar, Yogi menguasai beberapa Bab. Jika sudah paham, Ia belajar Bab lain. Selain persiapan, kita juga selalu berdo'a.

Kesalahan yang sering dilakukan saat tes ialah belajar mendekati waktu tes. Belajar sedini mungkin untuk persiapan. Misalnya belajar sejak kelas X atau XI. Jangan santai dan fokus pada SNBP. Jika tidak lulus SNBP, dapat berjuang kembali pada SNBT.

Selengkapnya di Youtube